Simak Pengertian Penyakit Plantar Fasciitis Berikut

Pengertian plantar fasciitis merupakan penyakit yang berupa inflamasi (bengkak) pada jaringan yang menghubungkan tumit dengan jari kaki. Penyakit ini terjadi karena peradangan jaringan ikat di bagian bawah tumit dan telapak kaki dimana terhubung jari – jari kaki dan tulang tumit. Selain itu, jaringan ini mempunyai fungsi untuk meredam getaran, penyangga telapak kaki dan membantu seseorang untuka berjalan. Jaringan ini disebut plantar fascia

Jika terdapat terlalu banyak tekanan di kaki, hal ini bisa menyebabkan cedera atau robek di jaringan tersebut. Cedera yang terjadi bisa menyebabkan peradangan dan nyeri di tumit. Pengertian plantar fasciitis bisa juga berupa penyakit yang menyerang orang dewasa terutama pria yang berusia 40-60 tahun. Namun, para atlet adalah orang yang paling sering mengalami penyakit ini. Resiko ddari penyakit ini yaitu juga bisa dialami oleh orang yang mempunyai kelebihan berat badan. 

Penyebab utama dari penyakit ini yaitu adanya trauma pada otot kaki. Kondisi ini disebabkan oleh tekanan ketika berjalan, berlari dan berdiri lama yang bisa meregangkan dan melukai kaki sehingga menimbulkan rasa nyeri. Tekanan yang terjadi dialami berulang sampai menimbulkan robekan kecil atau cedera. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan plantar fascia mengalami cedera yaitu :

  • Sebagian besar dialami oleh seseorang yang berusia 40 – 60 tahun
  • Obesitas bisa menyebabkan tekanan yang berlebih di tumit
  • Olahraga contohnya lari jarak jauh, aerobik dan balet
  • Profesi tertentu.

Seseorang yang menjalani profesi tertentu dituntut untuk berdiri terlalu lama misalnya pekerja pabrik, guru, atlit, tentara dan profesi lain.

  • Masalah Pada Kaki

Jika seseorang mempunyai masalah di bagian kaki seperti bentuk kaki yang terlalu rata atau terlalu melengkung, taji tumit, jaringan sendi di pergelangan kaki, ternyata bisa menjadi faktor penyebabnya

  • Penyakit lain

Apabila seseorang mengalami penyakit lain dan menyebabkan infeksi bakteri pada organ lain bisa memicu terjadinya plantar fasciitis

Gejala dari plantar fasciitis yaitu nyeri seperti tertusuk  dan terbakar di sekitar tumit tetapi ada juga yang merasa nyeri di bagian tengah kaki. Nyeri tersebut biasanya muncul di pagi hari, berjinjit, naik tangga atau bangun dari duduk dan ketika penderita berdiri terlalu lama, apalagi setelah melakukan olahraga atau aktivitas lain. 

Untuk mengobati plantar fasciitis, biasanya dilakukan terapi. Terapi tersebut berupa :

  • Mengurangi tekanan di tumit dengan cara tidak berdiri terlalu lama tanpa mengistirahatkan kaki
  • Menurunkan berat badan sehingga bisa menurunkan beban tumit dan mengurangi nyeri
  • Penggunaan obat anti nyeri misalnya asetominofen dan obat anti inflamasi yang bisa meringankan gejala

Apabila terapi yang dilakukan tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan, Anda mungkin disarankan untuk melakukan bedah plastik, fisioterapis atau spesialis kaki. Ahli medis akan menyarankan Anda untuk melakukan olahraga atau pijat sederhana dan chiropractor bisa memaksa tumit dan menekuk kaki untuk meringankan nyeri saat bergerak. 

Diagnosis untuk penyakit ini meliputi tes atau pemeriksaan kaki. Apabila diagnosis masih kurang maksimal dan masih diduga terdapat penyakit lain, maka akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan :

  • X-ray kaki
  • Magnetic resonance imaging (MRI)

Jika Anda sudah mengalami gejala atau tanda yang sudah disebutkan dan nyeri muncul, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk berkonsultasi atau memeriksa kondisi Anda.  Nyeri tumit bisa membuat seseorang kesulitan untuk berjalan. Di sisi lain, apabila penyakit ini tidak segera diobati, gangguan atau komplikasi bisa terjadi seperti : 

  • Bedah yang bisa menyebabkan komplikasi infeksi dan pendarahan di kaki dan terdapat efek samping dari obat samping yang diberikan.
  • Penyuntikan kortikosteroid dapat memutuskan dan melemahkan jaringan plantar fascia

Sumber :

www.halodoc.com
www.alodokter.com
https://hellosehat.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>